Tips Memulai Bike to Work

Beberapa tips yang perlu diketahui bagi pemula untuk bersepeda ke kantor.
  1. Pelajari rute perjalanan terdekat, teraman atau ternyaman. Menghindari jalan raya dan melewati jalan-jalan kecil sekitar perumahan terkadang cenderung lebih aman. Jika anda memiliki akses internet, manfaatkan Google Earth untuk mencari rute yang sesuai.
  2. Pelajari kemungkinan untuk mandi dan ganti pakaian di kantor. Jika tidak terdapat kamar mandi, persiapkan handuk tambahan untuk membasahi badan dan menghilangkan keringat.
  3. Jika terdapat loker atau lemari untuk menyimpan pakaian di kantor, ada baiknya jika kita sebelumnya menyimpan keperluan pakaian ganti selama seminggu. Biasanya saya membawa perlengkapan dan pakaian ganti pada hari Senin tiap minggu dan menyimpannya di loker kantor, sehingga saya tidak perlu membawa pakaian ganti setiap saya bersepeda.
  4. Persiapkan kelayakan sepeda dengan memastikan berfungsinya sistem rem, memastikan kesesuaian tekanan angin pada ban, memberikan minyak atau lubrikasi pada rantai dan mengecek sistem gigi atau derailleur (jika ada).
  5. Jika perlu, lengkapi sepeda dengan reflektor (mata kucing) serta lampu depan dan belakang untuk perjalanan pulang malam hari.
  6. Gunakan perlengkapan keselamatan seperti helm untuk melindungi kepala dari benturan, kaos lengan panjang, sarung tangan kulit untuk mengurangi dampak atau luka jika terjatuh, google atau kacamata untuk menghindari debu dan sepatu yang nyaman untuk mengayuh serta masker untuk menghindari polusi. Ingat! Helm tidak menjamin kepala kita aman dari benturan keras. Yang paling penting, pastikan kita tidak menabrak sesuatu atau ditrabrak sesuatu.
  7. Istirahat tidur malam dan sarapan yang cukup sebelum mengayuh.
  8. Untuk perjalanan lebih dari 30 menit, sebaiknya anda menyiapkan minum untuk menghindari dehidrasi selama di perjalanan.
  9. Jika bersepeda di musim hujan, pastikan perlengkapan kantor yang kita bawa dalam ransel atau tas, dibungkus plastik rapat. Selain itu, gunakan bag cover tahan air untuk menghindari air hujan masuk dan mencegah ransel terkena lumpur atau kotoran.
  10. Taati peraturan lalulintas dan pahami perilaku pengendara kendaraan kendaraan bermotor, khususnya kendaraan umum seperti bus kota, angkot dan juga pengendara sepeda motor. Mengalah dan bersabar demi keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya, terlebih kepada pejalan kaki.
  11. Jika ingin belok atau merubah jalur, pastikan kendaraan di belakang mengetahui keberadaan dan keinginan kita, dengan cara memberi tanda dengan gerakan tangan. Namun jangan melakukannya dengan cara yang bodoh: tanpa menengok ke belakang terlebih dahulu. Untuk lebih aman, menyeberanglah seperti pejalan kaki dengan menuntun sepeda kita.
  12. Istirahat di jalan jika diperlukan. Jangan memaksa untuk tetap mengayuh jika terlalu lelah. Kelelahan yang berlebihan menyebabkan berkurangnya konsentrasi bersepeda di jalan.
  13. Sapa pengendara sepeda yang kita jumpai dan polisi lalu lintas yang sedang bertugas. Perjalanan yang nyaman dan menyenangkan akan membuat kita tertarik untuk mengulanginya lagi.
  14. Parkir sepeda di tempat yang aman, gunakan kunci sepeda yang dikaitkan ke tiang besi atau sesuatu yang relatif permanen, seperti pohon atau pagar.
  15. Sampaikan kepada rekan kerja, sahabat dan keluarga pengalaman bersepeda yang menarik tersebut. Jika perlu tulis pengalaman pertama anda bersepeda ke kantor, di milist, blog atau di facebook.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang santun dan membangun sangat diharapkan.