Harap-harap Cemas

Banjarmasin sebagai ibukota Kalimantan Selatan tentunya tidak lepas dari kesemerawutan, terutama masalah penataan kota. Bangunan tumbuh silih berganti tanpa melirik keberadaan Ruang Terbuka Hijau. "Panas banar harinya" kalimat yang selalu keluar dari mulut masyarakat, bagaimana tidak ketika anda berkunjung ke Banjarmasin sangat jarang sekali menemukan pepohonan yang rindang, besar, rapat, dan kalaupun ada hanya tinggal menunggu waktu untuk Rest In Peace. Selain Ruang Terbuka Hijau yang minim Banjarmasin juga tidak terlepas dengan masalah infrastruktur fisik yang kacau, kendaraan bermotor semakin banyak malah jalan menjadi sempit, nah lho? hal ini disebabkan (1) kendaraan bermotor yang parkir sembarangan, maklumlah lahan kosong buat parkir itu mahal coy mending dibikin kios/toko "ujar si pemilik gedung". (2) beralihnya fungsi trotoar menjadi tempat berjualan, tapi jangan hanya menyalahkan PKL yah mereka juga seperti kita "mencari sesuap nasi". Kita tinggal menunggu waktu saja "Banjarmasin be Jakarta". :P 

Dari masalah diatas sudah jelas salah satu dari sekian ribu alasan masyarakat malas untuk gowes, Panasssss lah... Debuuuuu lah... Polisssssii... eh Polusiiii lah... ga pernah dengar ada keluhan ga ada jalur sepeda ma areal parkir sepeda. :( Pahit memang, setiap ditanya seperti iklan minuman fermentasi "sudahkah anda bersepeda hari ini?" jawabnya "iya, saya bersepeda diwaktu pagi minggu di seputaran CFD".

Harapan untuk Masyarakat:
mari kita sukseskan gerakan bike to work dengan 3M:
Makan makan sendiri, mandi mandi sendiri. ups salah ketik.
  1. Mulai bersepeda dari diri kita sendiri; biar sehat dan bugar. yang berat badan berlebih kudu wajib sepedaan, yang kurus wajib juga deh. :P
  2. Mulai bersepeda dari/untuk jarak terdekat; nah minimalisir penggunaan kendaraan bermotor, irit bensin = tebel dompet coy. 
  3. Mulai bersepeda sekarang juga; ingat jangan cuma pas CFD doang yah.
Harapan untuk Pemerintah Kota:
  1. Ruang Terbuka Hijau; kalo bisa 45% dari luas wilayah om. *ngarep* kalo perlu jalanan dibikin hutan deh. :D kan enak tuh sepedaan angin sepoy-sepoy.
  2. Minimal ada jalur sepeda lah. lebar 2 meter juga ga apa-apa. :P basmi parkir dibahu jalan, tapi sediakan juga lahan parkirnya. *colek pemilik gedung* 
  3. Revitalisasi fungsi trotoar. beri penyuluhan kepada PKL, cari tempat yang layak buat mereka jualan. jangan main bongkar aja kasihan. TOLONG DIBACA JUGA PARA GOWESER, TROTOAR KHUSUS UNTUK PEJALAN KAKI DAN PENYANDANG CACAT. 
  4. Penerangan Jalan disetiap sudut kota; pake lampu hemat energi deh biar sepedaan malam ga terjadi hal-hal yang ga diinginkan. :( 
  5. Semua Pegawai ngantor naik sepeda; hohohoho
Harapan untuk Pengelola/Pemilik Gedung / Swasta :
  1. Menyediakan areal parkir sepeda, yang safety jangan asal-asalan. 
  2. Menyediakan kamar mandi untuk umum; buat dandan cin. :P

sekian dan terima kasih.
wassalam,
pesepeda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentar yang santun dan membangun sangat diharapkan.